Inflamasi

DLBS1442 bekerja dengan cara mengurangi in-Damasi (COX-2 selective down-regulator), serta mengurangi jumlah reseptor cstrogcn, sehingga dapat menurunkan rasa nyeri yang muncul dan meringankan gejala lainnya. Hal ini terbukti dalam uji klinis, dimana DLBS1442 menunjukkan hasil yang luar biasa dengan mengurangi salat di perut secara signifikan,” kata Raymond Tjandrawinata dalam seminar herbal modem di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (18/5). (sebuah web)

DLBS1442 bekerja dengan cara mengurangi inflamasi (COX-2 selective down-regulator), serta mengurangi jumlah reseptor estrogen, sehingga dapat menurunkan rasa nyeri yang muncul dan meringankan gejala lainnya. “Hal ini terbukti dalam uji klinis, dimana DLBS1442 menunjukkan hasil yang luar biasa dengan mengurangi sakit di perut secara signifikan,” jelas Raymond Tjandrawinata, PhD. (Web asli: http://www.dexa-medica.com)

Apa yang beda dari dua kutipan di atas? Sepele sih, tapi ya penting juga hehe..  Yup, di bagian pertama tertulis sebagai in-damasi.. Apaan tuh in-damasi?? Yang bener ya inflamasi.

Menurut Kamus Kedokteran Dorland (2002), Inflamasi merupakan respons protektif setempat yang ditimbulkan oleh cedera atau kerusakan jaringan, yang berfungsi menghancurkan, mengurangi, atau mengurung (sekuestrasi) baik agen pencedera maupun jaringan yang cedera itu. Jadi sebenarnya inflamasi adalah usaha tubuh untuk menonaktifkan atau merusak organisme yang menyerang, menghilangkan zat iritan, dan mengatur penyembuhan. Maksudnya? Ya kalau sudah sembuh, inflamasi akan berkurang.

Jadi sebenarnya inflamasi adalah kehendak wajar dari tubuh. Justru, kadang kita perlu bersyukur ada inflamasi. Dalam beberapa kasus, inflamasi justru memberitahukan sesuatu yang manusia sendiri tidak aware. Dengan munculnya inflamasi, sebagai suatu keluhan, maka tindakan menuju ditemukannya root cause, jadi kelihatan.

alur inflamasi

Sesuai alur diatas, apabila ada rangsang yang tidak mengenakkan maka akan muncul gangguan membran yang pada akhirnya akan mengeluarkan AA dan seterusnya. Nah, kejadian di atas dapat diobati lewat 2 jenis obat.

Obat yang pertama adalah jenis kortikosteroid. Ini dia yang namanya obat dewa, karena dengan mengobati ini, semuanya musnah, hilang. Tapi ya jangan salah, menghambat di atas tentunya akan dapat menghambat yang lain yang di bawah, padahal kita nggak tentu juga mau semuanya dihambat.

Jadi, yang lebih spesifik, ada, yaitu Non Steroid. Yang lebih spesifik per enzimnya juga ada. Ini yang lebih oke. Jadi, seperti DLBS1442, dia selektif pada COX-2 yang bertanggung jawab pada prostaglandin. Ya diutik-utik hanya itu. Lebih spesifik, lebih baik.

Jadi intinya, janganlah menganggap bahwa inflamasi itu suatu derita. Itu adalah early warning dari sistem tubuh bahwa ada sesuatu yang salah dari tubuh kita. Yang perlu kita lakukan adalah menanggulangi sesuatu itu. Dalam hal DLBS1442, selain menekan derita akibat inflamasi. Ada fungsi lain mengurangi reseptor estrogen, salah satu tersangka pembuat derita waktu nyeri haid. Jadi komplit dong? Satu solusi mengatasi dua-duanya.

Oya, satu lagi. Soal in-damasi, saya sudah cek ke mbah google, dan tidak ada makna berarti soal kata-kata itu. Jadi yang benar, inflamasi ya..

Demikian sedikit sisi lain dari sebuah terminologi medis: inflamasi.

:)

Tentang ariesadhar

Auditor Wanna Be, Apoteker, dan Author di ariesadhar.com
Tulisan ini dipublikasikan di Terminologi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Inflamasi

  1. rifki berkata:

    Dibutuhkan segera APOTEKER wanita untuk bekerja di pabrik obat NIZ.
    di rembang jateng,
    surat lamaran bisa dikirim ke email : rifkizulkarnain3@gmail.com.
    info lbih lanjut bisa menghubungi 085 866 227 734.
    Trims.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s