Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Barusan ikut training, dan biar nggak lupa mari kita tuliskan disini saja. Sekalian ngisi-ngisi posting. Hahahahaha.

Oke, kalau kita menemukan korban di jalan, yang pertama sekali kita lakukan adalah mengecek situasi. Amankah? Kalau nggak aman, misal di pinggir jalan, ya pinggirkan. Sesudah itu hubungi rumah sakit atau nomor-nomor lainnya yang relevan.

Kemudian, sesudah aman dan sesudah dihubungi, cek dulu orangnya, masih sadar atau nggak. Panggil dahulu, kalau nggak nyahut ya dicubit atau ditekan dadanya.

Kalau masih nggak nyahut juga, lakukan lihat-dengar-rasa pada airway alias jalur nafas. Posisinya adalah muka menghadap ke dada, telinga di atas mulut, sehingga kemudian pipi ada di jalur keluar hidung. Lihat dadanya, gerak apa nggak. Lalu dengar juga di dalam mulutnya ada suara apa. Terakhir, rasakan di pipi apakah ada udara yang mengalir dari hidup atau tidak.

Kalau nafas nggak ada, kasih pernapasan buatan.

Jangan lupa juga cek denyut nadi, bisa di tangan atau di leher. Jika ini nggak ada juga, barulah kita lakukan resusitasi jantung paru. Caranya, posisikan tangan kira-kira 2 jari di atas ujung tulang iga (tulang pisau), lalu tekan sebanyak 30 kali, dilanjutkan tiupan di mulut sebanyak 2 kali.

Sesudah itu, lakukan kembali lihat-dengar-rasa dan pengecekan denyut nadi. Kalau masih sama, coba lagi. Kalau memang nadinya ada, ya baiklah jika kemudian dilanjutkan dengan pernafasan buatan berikutnya. Eh, salah ding, bantuan pernafasan.

Kira-kira begitu, semoga yang saya tulis ini benar.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Tentang ariesadhar

Auditor Wanna Be, Apoteker, dan Author di ariesadhar.com
Pos ini dipublikasikan di Terminologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s